Tuesday, July 21, 2009

JANNGAN MARAH....


Marah yang berlangsung dan terus menerus dapat menyebabkan penyakit kencing manis, karena bertambahnya aktivitas pada kelenjar di atas ginjal, yang pada gilirannya dapat menambah keluarnya hormon adrenalin. Kondisi psikologis seperti ini juga dapat menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh yang dapat menyebabkan seseorang mudah terserang berbagai macam penyakit.

Tubuh mengalami perubahan sesuai dengan perubahan psikologis, misalnya, marah, senang, sedih, resah, gusar, dan malu. Adapun marah, pada hakikatnya akan memanaskan tubuh dan mengeringkannya.
Kondisi psikologis yang disebutkan di atas memilliki pengaruh langsung dan aktif pada diri manusia, di mana kondisi itu bisa berakibat pada tensi darah dan juga bisa mengakibatkan beberapa kondisi lain yang cukup berbahaya, misalnya, serangan jantung, nyeri dada, dan lemah jantung. Selain itu, marah yang berlangsung dan terus menerus dapat menyebabkan penyakit kencing manis, karena bertambahnya aktivitas pada kelenjar di atas ginjal, yang pada gilirannya dapat menambah keluarnya hormon adrenalin. Kondisi psikologis seperti ini juga dapat menyebabkan lemahnya daya tahan tubuh yang dapat menyebabkan seseorang mudah terserang berbagai macam penyakit.
Oleh karena itu, orang yang cepat marah, dianjurkan untuk sering menghibur diri sehingga tidak dikuasai oleh amarah. Inilah makna firman Allah :

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”
Al Quran Surat Ali Imran ayat 133- 134

Nabi Muhammad SAW, pernah marah sehingga kemarahannya itu tampak dari raut wajah beliau. Beliau bersabda

“Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api hanya bisa dipadamkan dengan air. Oleh karena itu, bila salah seorang di antara kalian marah, hendaklah dia berwudhu”1] disebutkan Imam Turmudzi (2286), Ahmad (III/19, 61). Turmudzi mengatakan Hadist ini hasan.

“Ketahuilah bahwa marah adalah bara api dalam hati anak adam. Tidaklah kalian lihat merah kedua matanya ( sebagai tanda orang marah itu ), dan meregang ulat ulat lehernya. 2] Diriwayatkan Turmudzi ( 2286 ), dan Ahmad ( III/19, 61 ). Turmudzi menngatakan Hadist ini Hasan.

Oleh karena itu menahan amarah sangatlah lebih baik untu dapat menjaga kesehatan.

Sumber : Pola Makan Rasulullah, Cetakan pertama
Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as - Sayyid



No comments:

Post a Comment